Pengumuman

Penerimaan Peserta Didik Baru TP. 2020-2021

A. PERSYARATAN CALON PESERTA DIDIK SMP

  1. Berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli 2020;
  2. Memiliki ijazah atau surat keterangan lulus SD/sederajat atau bentuk lain yang sederajat;
  3. menunjukan kartu keluarga asli calon peserta didik yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB;
  4. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga (KK);
  5. Menunjukkan akta kelahiran atau surat keterangan lahir asli;
  6. Photo copy akta kelahiran atau surat keterangan lahir;
  7. Photo copy  bukti  keikutsertaan  peserta  didik  dalam  program  penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah (KIP, PKH, atau KIS);
  8. Bagi calon peserta didik perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan surat   penugasan   dari   instansi,  lembaga,   kantor,   atau   perusahaan   yang mempekerjakan;
  9. Bagi  calon  peserta  didik  prestasi  menunjukan  bukti  kepemilikan  sertifikat prestasi akademik dan non akademik.

B. KETENTUAN PPDB DALAM JARINGAN (DARING)

JALUR PENDAFTARAN

a. JALUR PESERTA DIDIK ZONASI

      1. Diperuntukan bagi calon peserta didik baru sesuai dengan domisili yang telah ditetapkan;
      2. Jalur zonasi sebanyak 60% (enam puluh persen) dari daya tampung sekolah dan sudah termasuk kuota bagi anak penyandang disabilitas;
      3. Seleksi  dilakukan  dengan  memprioritaskan  jarak  tempat  tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan;
      4. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB;
      5. Kartu keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) yang dilegalisir oleh Lurah setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
      6. Melampirkan fotocopy akta kelahiran atau surat keterangan lahir;
      7. Pengumuman   hasil   seleksi   sementara   dapat   diakses   disitus https://pekanbaru.siap-ppdb.com

b. JALUR PESERTA DIDIK AFIRMASI

      1. Jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan  peserta  didik  dalam  program  penanganan  keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah seperti KIP, KIS, atau PKH;
      2. Jalur afirmasi sebanyak 15 % (lima belas persen) dari daya tampung sekolah;
      3. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB;
      4. Kartu keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) yang dilegalisir oleh Lurah setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
      5. Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar zonasi Sekolah yang bersangkutan;
      6. Dalam  hal  daya  tampung  untuk  jalur  afirmasi  tidak  mencukupi (melebihi kuota) maka seleksi dilakukan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah.

c. JALUR  PESERTA   DIDIK   PERPINDAHAN   TUGAS   ORANG TUA/WALI

      1. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebanyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah;
      2. Seleksi  dilakukan  dengan  memprioritaskan  jarak  tempat  tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan;
      3. Perpindahan tugas dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
      4. Melampirkan  surat  keterangan  domisili  dari  RT  dan  RW  yang dilegalisir oleh Lurah;
      5. Peserta  didik  memilih  sekolah  sesuai  dengan  surat  keterangan domisili;
      6. Anak  kandung  guru  yang  mengajar  di  sekolah  tersebut  yang dibuktikan dengan SK Tugas Mengajar dan Kartu Keluarga/Akta kelahiran.

d.JALUR PESERTA DIDIK PRESTASI

      1. Diperuntukan   bagi   calon   peserta   didik   baru   yang   memiliki penghargaan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik;
      2. Jalur prestasi sebanyak 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah terdiri dari 10% (sepuluh persen) untuk prestasi akademik dan 10% (sepuluh persen) untuk prestasi non akademik;
      3. Seleksi berdasarkan skor/poin prestasi sesuai dengan yang diperoleh oleh masing-masing peserta didik, apabila kuota prestasi akademik tidak terpenuhi maka sisa kuota dialihkan ke prestasi non akademik, begitu juga sebaliknya ;
      4. Dibidang akademik; memiliki sertifikat atau surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan peserta didik memiliki nilai ijazah atau ujian sekolah pada surat keterangan lulus tertinggi 1, 2 atau 3 di sekolah;
      5. Peserta didik yang masuk melalui jalur prestasi dapat mendaftar di luar zonasi Sekolah yang ditentukan;
      6. Pengumuman   hasil   seleksi   sementara   dapat   diakses   di   situs https://pekanbaru.siap-ppdb.com

C. TATA CARA PELAKSANAAN PPDB DALAM JARINGAN (DARING)

PENDAFTARAN MELALUI DALAM JARINGAN (DARING)

    1. Pendaftaran dapat  dilakukan  oleh  calon  peserta  didik  dengan  datang langsung ke Sekolah yang terdekat dengan mentaati protokol kesehatan masa Covid19;
    2. Calon peserta didik baru membawa berkas sebagaimana dimaksud ke salah satu Sekolah yang menjadi pilihannya;
    3. Calon peserta didik mengambil nomor antrian dari panitia PPDB;
    4. Calon peserta didik baru menyerahkan berkas ke panitia Sekolah sesuai jalur yang dipilih;
    5. Panitia memverifikasi dan memvalidasi berkas calon peserta didik;
    6. Orang Tua calon peserta didik bersama operator menentukan jarak rumah ke Sekolah;
    7. Operator menginput data calon peserta didik sesuai jalur yang dipilih;
    8. Panitia  PPDB/operator   Sekolah   mencetak   tanda   bukti   pendaftaran kemudian di stempel, ditandatangani panitia dan calon peserta didik baru;
    9. Tanda bukti pendaftaran diberikan kepada calon peserta didik baru dan arsip disimpan oleh panitia Sekolah.

D. PILIHAN SEKOLAH

  1. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jalur dari 4 (empat) jalur pendaftaran PPDB;
  2. Pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali dan tidak dapat melakukan perubahan pilihan;
  3. Melakukan cabut  berkas  sama  dengan  mengundurkan  diri  pada  sistem pelaksanaan PPDB sistem online atau dalam jaringan (daring);
  4. Siswa yang sudah mendaftar di salah satu jalur, tidak dapat mendaftar ke jalur lainnya;
  5. Calon peserta didik yang memilih Jalur Prestasi dapat mendaftar diluar zonasi/ domisili peserta didik dengan 2 (dua) pilihan sekolah.

E. PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan langsung datang ke salah satu sekolah tujuan, dan memantau hasil seleksi melalui situs https://pekanbaru.siap-ppdb.com

F. DASAR SELEKSI

1. Jalur Peserta Didik Zonasi, Afirmasi dan Perpindahan Orang Tua/wali

    1. Seleksi diurutkan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan;
    2. Jika jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan Sekolah sama, maka seleksi pemenuhan kuota/daya tampung terakhir menggunakan usia peserta didik yang lebih tua berdasarkan surat keterangan lahir atau akta kelahiran.

2. Jalur Peserta Didik Prestasi

    1. Nilai Akhir  (NA)  berdasarkan  skor  atau  poin  prestasi  yang  diperoleh peserta didik;
    2. Prestasi  yang   diraih   calon   peserta   didik   yang   mewakili   tingkat internasional, nasional, provinsi dan kota bidang Olahraga (O2SN, Kejurda Provinsi, Kejurnas, POPDA, PORWIL, POPNAS, PON, ASEAN GAMES, SEA GAMES, dan OLIMPIADE INTERNASIONAL), Olimpiade Mata Pelajaran (OSN, FLS, OPSI), MTQ dan Kreatifitas Seni ( FLS2N );
    3. Rincian nilai prestasi ditetapkan sebagai berikut:
      • prestasi non akademik

      • Prestasi akademik memiliki nilai tertinggi nilai ujian sekolah 1, 2 atau 3 di sekolah yang dihitung berdasarkan perangkingan rata-rata nilai ijazah/ Surat Keterangan Lulus (SKL);
      • Dalam hal daya tampung tidak mencukupi, maka seleksi dilakukan dengan penentuan pemeringkatan nilai prestasi oleh Sekolah.

G. DAYA TAMPUNG

  1. Daya tampung dibagi menjadi 4 zona yaitu:
    1. Peserta didik zonasi sebanyak 60% dari daya tampung Sekolah = 77 Peserta Didik;
    2. Peserta didik afirmasi sebanyak 15% (lima belas persen) dari daya tampung Sekolah = 19 Peserta Didik;
    3. Peserta didik perpindahan tugas orang tua/wali dan anak kandung guru sebanyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah = 6 Peserta Didik;
    4. Peserta didik prestasi sebanyak 20% dari daya tampung Sekolah = 26 Peserta Didik;
  2. Jumlah daya tampung maksimal 32 per rombel;
  3. Jika jalur  perpindahan  tugas  orang  tua/wali,  prestasi  dan  afirmasi  tidak terpenuhi, maka sisa kuota dialihkan ke jalur zonasi.

H. WAKTU PELAKSANAAN

  1. Pendaftaran tanggal 1 Juli s.d 7 Juli 2020 mulai pukul 08.00 s.d pukul 12.00 WIB;
  2. Pengumuman tanggal 9 Juli 2020 pukul 08.00 WIB;
  3. Daftar Ulang (Lapor Diri);
    1. Daftar ulang tanggal 9 s.d 11 Juli 2020, pukul 00 s.d pukul 12.00 WIB;
    2. Daftar ulang membawa tanda bukti pendaftaran;
    3. Apabila sampai dengan batas akhir waktu daftar ulang, Calon Peserta Didik tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri;
  4. Hari Pertama Masuk Sekolah tanggal 13 Juli 2020;
  5. Pengenalan lingkungan sekolah tanggal 13 s.d 15 Juli 2020.
Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.